Rabu, 14 Oktober 2015

MATERI REMIDI UTS SEMESTER GANJIL KELAS 8



MATERI REMIDI UTS SEMESTER GANJIL KELAS 8

Bacalah materi remidi dibawah ini sebelum menjawab Soal A dan Soal B dibawah
           Sebelum UTS, kita telah mempelajari bab 1, bab 2 dan bab 3. Dalam bab 1, kita telah mempelajari topik ‘It’s English Time’ yang mengulas beberapa sub-topik yang berbeda diantaranya:
1) Asking for my friends’ attention (Meminta perhatian teman)
2) Checking if my friends’ understand me (Mengecek pemahaman teman)
3) Giving my opinions and asking for my friends’ opinions (Memberi pendapat dan bertanya pendapat teman)
4) Showing my appreciation to my friends (Memperlihatkan penghargaan kepada teman)
            Sementara di dalam bab 2, kita telah mempelajari topik ‘Can you play the guitar’ yang mengulas beberapa sub-topik diantaranya:
1) Stating and asking if one can do something (Menyatakan dan bertanya jika seseorang mampu melakukan sesuatu)
2) Stating and asking if one will do something (Menyatakan dan bertanya jika seseorang akan melakukan sesuatu)
             Sementara di dalam bab 3, kita telah mempelajari topik ‘Would you like to come’ yang mengulas beberapa sub-topik diantaranya:
1) Giving and Responding to Instructions (Memberikan dan merespon perintah)
2) Giving and Responding to Invitation (Memberikan dan merespon undangan)
3) Giving and Responding to Prohibition (Memberikan dan merespon larangan)
4) Asking for a Permission (Meminta ijin)
             Jadi, untuk materi remidi kelas 8 akan dibahas 10 materi yakni 1) Asking for my friends’ attention; 2) Checking if my friends’ understand me; 3) Giving my opinions and asking for my friends’ opinions; 4) Showing my appreciation to my friends; 5) Stating and asking if one can do something; 6) Stating and asking if one will do something; 7) Giving and Responding to Instructions; 8) Giving and Responding to Invitation; 9) Giving and Responding to Prohibition; dan 10) Asking for a Permission. Untuk penjelasan materi remidi UTS yang lebih mendalam bisa dipelajari dibawah ini:


1) ASKING FOR MY FRIENDS’ ATTENTION (MEMINTA PERHATIAN TEMAN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara meminta perhatian teman. Tujuan belajar materi ‘Asking for My Friends’ Attention’ adalah ‘supaya kita bisa meminta perhatian lawan bicara kita ketika menggunakan bahasa Inggris’
Untuk meminta perhatian dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Mohon perhatiannya!
Attention, please!
Apa bisa saya dapat perhatiannya sebentar!
May I have your attention, please!
Iya, pak
Yes, sir
Iya, bu
Yes, mam

Ada beberapa variasi contoh dialog Asking for My Friends’ Attention. Untuk siswa kelas 8 wajib menguasai 3 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog Asking for My Friends’ Attentionbisa dilihat dibawah.

Dialog 1
Mr. Made    :  Attention, please!
Students     :  Yes, sir.

Dialog 2
Mr. Made    :  May I have your attention, please!
Students     :  Yes, sir.

Dialog 3
Mr. Made    :  Attention, please! Are you ready to learn English?
Students     :  Yes, sir.

Jadi kesimpulannya, materi Asking for My Friends’ Attention itu adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita meminta perhatian teman. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa meminta perhatian lawan bicara kita menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan meminta perhatian lawan yang bervariasi dalam sub topik ‘Asking for My Friends’ Attention’. Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 3 dialog ‘Asking for My Friends’ Attention’ seperti contoh di atas.

2) CHECKING IF MY FRIENDS’ UNDERSTAND ME (MENGECEK PEMAHAMAN TEMAN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara mengecek pemahaman teman. Tujuan belajar materi ‘Checking If My Friends’ Understand Me’ adalah ‘supaya kita bisa mengecek pemahaman lawan bicara kita ketika menggunakan bahasa Inggris’
Untuk mengecek pemahaman teman dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Apa anda bisa mengerti/paham ucapan saya?
Do you understand me?
Apa yang saya katakana tadi?
What did I say?

Ada beberapa variasi contoh dialog ‘Checking If My Friends’ Understand Me’. Untuk siswa kelas 8 wajib menguasai 2 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Checking If My Friends’ Understand Me’ bisa dilihat dibawah.

Dialog 1
Mr. Made    :  We will use English in our class. Do you understand me?
Students     :  Yes, sir.

Dialog 2
Mr. Made    : We will make an invitation card. Do you understand me?
Students     : Yes, sir.
Mr. Made    : What did I say?
Students     : We will make an invitation card.

Jadi kesimpulannya, materi ‘Checking If My Friends’ Understand Me’ itu adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita mengecek pemaham teman. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa mengecek pemahaman lawan bicara kita menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan mengecek pemahaman teman yang bervariasi dalam sub topik ‘Checking If My Friends’ Understand Me’. Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 2 dialog Checking If My Friends’ Understand Me’ seperti contoh di atas.

3) GIVING MY OPINIONS AND ASKING FOR MY FRIENDS’ OPINIONS (MEMBERI PENDAPAT DAN BERTANYA PENDAPAT TEMAN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara mengecek pemahaman teman. Tujuan belajar materi ‘Giving My Opinions and Asking for My Friends’ Opinions’ adalah ‘supaya kita memberi pendapat dan bertanya pendapat lawan bicara kita ketika menggunakan bahasa Inggris’
Untuk memberi pendapat dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Saya pikir, bahasa Inggris gampang
I think, English is Easy.
Gampang pak.
It’s easy, sir.
Saya rasa, topic ini sangat susah
I think, this topic is so difficult.

Sedangkan, untuk bertanya pendapat lawan bicara dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Apa pelajaran bahasa Inggris gampang atau susuah?
Is English easy or difficult?
Bagaimana menurutmu tentang topik ini?
What do you think of this topic?
Apakah menurutmu topik ini gampang?
Do you think this topic easy?

Ada beberapa variasi contoh dialog Giving My Opinions and Asking for My Friends’ Opinions’. Untuk siswa kelas 8 wajib menguasai 2 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog Giving My Opinions and Asking for My Friends’ Opinions’ bisa dilihat dibawah.

Dialog 1
Mr. Made    :  Alvian, Is English easy or difficult?
Alvian         :  It’s easy, sir.

Dialog 2
Mr. Made    : Ortega, what do you think of this topic?
Ortega         : I think, this topic is difficult
Mr. Made    : How about you, Wira? Do you think this topic difficult.
Wira            : It’s easy, sir.

Jadi kesimpulannya, materi Giving My Opinions and Asking for My Friends’ Opinions’ itu adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita memberi pendapat dan bertanya pendapat teman. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa memberi pendapat dan bertanya pendapat lawan bicara kita menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan mengecek pemahaman teman yang bervariasi dalam sub topik ‘Giving My Opinions and Asking for My Friends’ Opinions’. Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 2 dialog ‘Giving My Opinions and Asking for My Friends’ Opinions’ seperti contoh di atas.

4) SHOWING MY APPRECIATION TO MY FRIENDS (MEMPERLIHATKAN PENGHARGAAN KEPADA TEMAN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara memperlihatkan pernghargaan kepada teman. Tujuan belajar materi ‘Showing My Appreciation to My Friends’ adalah ‘supaya kita bisa memperlihatkan penghargaan kepada lawan bicara kita ketika menggunakan bahasa Inggris’
Untuk memperlihatkan pernghargaan kepada teman dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Maafkan saya pak.
I’m so sorry, sir.
Bagus
Good
Apa arti ‘attention’ dalam bahasa Indonesia?
What is ‘attention’ in Bahasa Indonesia?
‘Attention’ artinya ‘perhatian’
‘Attention’ is /perhatian/
Tentu
Sure
Bagus! Saya rasa, itu kartu undangan yang cantik. Saya suka itu
Great! I think that is a beautiful invitation card. I like it
Gambarmu cantik sekali! Saya suka warnanya
Your picture is so beautiful! I like the color
Benar-benar gambar yang bagus
What a wonderful picture!
Bagus sekali!
Excellent!

Ada beberapa variasi contoh dialog ‘Showing My Appreciation to My Friends’. Untuk siswa kelas 8 wajib menguasai 5 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Showing My Appreciation to My Friends’ bisa dilihat dibawah.

Dialog 1
Mr. Made    : Andre, please look at me! Would you stop doing that please!
                      Are you ready to learn?
Andre         : I’m so sorry, sir. Yes, I am

Dialog 2
Mr. Made    : Anggara, Is English easy or difficult?
Anggara      : It’s easy, sir.
Mr. Made    : Good.

Dialog 3
Bayu           : Excuse me, mam. What is ‘suckling pig’ in Bahasa Indonesia?
Ms. Wanda : Suckling pig is ‘babi guling’

Dialog 4
Mahesa       : Great! I think, that is a beautiful invitation card. I like it
Jaya             : Thank you

Dialog 5
Ayu             : What a wonderful picture.
Lisna           : Thank you.

Jadi kesimpulannya, materi ‘Showing My Appreciation to My Friends’ itu adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita memperlihatkan pernghargaan kepada teman. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa memperlihatkan penghargaan kepada lawan bicara kita ketika menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan memperlihatkan penghargaan kepada teman yang bervariasi dalam sub topik ‘Showing My Appreciation to My Friends’. Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 5 dialog ‘Showing My Appreciation to My Friends’ seperti contoh di atas.

5) STATING AND ASKING IF ONE CAN DO SOMETHING (MENYATAKAN DAN BERTANYA JIKA SESEORANG MAMPU MELAKUKAN SESUATU)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara menyatakan dan bertanya jika seseorang mampu melakukan sesuatu. Tujuan belajar materi ‘Stating and Asking If One Can Do Something’ adalah ‘supaya kita bisa menyatakan dan bertanya jika seseorang mampu melakukan sesuatu ketika menggunakan bahasa Inggris’.
Untuk menyatakan jika seseorang mampu melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Saya bisa main gitar.
I can play guitar.
Saya ga bisa masak.
I can’t cook.
Iya, saya bisa.
Yes, I can.
Tidak, saya tida bisa
No, I can’t.
Tentu
Certainly
Saya ga yakin, tapi saya akan mencoba
I’m not sure, but I will try.

Sedangkan, untuk bertanya jika seseorang mampu melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Apa kamu bisa bermain gitar?
Can you play guitar?
Apa kamu bisa memasak?
Can you cook?
Apa kamu bisa datang ke pesta saya?
Can you come to my party?

Ada beberapa variasi contoh dialog ‘Stating and Asking If One Can Do Something’. Untuk siswa kelas 8 wajib menguasai 4 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Stating and Asking If One Can Do Something’ bisa dilihat dibawah.

Dialog 1
Surya          : Can you speak English?
Andre         : Yes, I can speak English a little.

Dialog 2
Anisa          : Can you cook?
Bayu           : No, I can’t.

Dialog 3
Mahesa       : Can you help me to do my homework?
Anggara      : Certainly
Dialog 4
Rudi            : Can you come to my birthday party?
Randi          : I’m not sure, but I will try.

Jadi kesimpulannya, materi ‘Stating and Asking If One Can Do Something’ itu adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita menyatakan dan bertanya jika seseorang mampu melakukan sesuatu. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa menyatakan dan bertanya jika seseorang mampu melakukan sesuatu ketika menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan menyatakan dan bertanya jika seseorang mampu melakukan sesuatu yang bervariasi dalam sub topik ‘Stating and Asking If One Can Do Something’. Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 4 dialog ‘Stating and Asking If One Can Do Something’ seperti contoh di atas.

6) STATING AND ASKING IF ONE WILL DO SOMETHING (MENYATAKAN DAN BERTANYA JIKA SESEORANG AKAN MELAKUKAN SESUATU)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara menyatakan dan bertanya jika seseorang mampu melakukan sesuatu. Tujuan belajar materi ‘Stating and Asking If One Will Do Something’ adalah ‘supaya kita bisa menyatakan dan bertanya jika seseorang akan melakukan sesuatu ketika menggunakan bahasa Inggris’.
Untuk menyatakan jika seseorang akan melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Tentu.
Sure
Tentu saja, pasti.
Of course, I will
Ayo kita pergi.
Let’s go
Biar saya yang melakukannya.
I’ll do it
Ini dia barangnya.
Here you are
Maaf saya engga bisa.
I’m so sorry, I can’t

Untuk menanyakan jika seseorang akan melakukan sesuatu dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Apakah kamu akan datang ke pesta saya?
Will you come to my party?
Apa kamu mau pergi ke kantin sama saya?
Will you go to canteen with me?
Apa kamu mau menutup jendela?
Will you close the window, please?
Apakah kamu mau memberikan buku itu?
Will you please pass the book?

Ada beberapa variasi contoh dialog ‘Stating and Asking If One Will Do Something’. Untuk siswa kelas 8 wajib menguasai 5 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Stating and Asking If One Will Do Something’ bisa dilihat dibawah.

Dialog 1
Andi           : Udin, will you help me to bring this book?
Udin           : Sure.

Dialog 2
Anisa          : Siti, will you come to my party?
Bayu           : Of course, I will.

Dialog 3
Ayu             : Rina, will you go to canteen with me?
Rina            : Let’s go

Dialog 4
Mr. Made    : Alvian, will you close the door, please?
Alvian         : I’ll do it.

Dialog 5
Mr. Made    : Will you please pass the book?
Ortega         : Here you are

Jadi kesimpulannya, materi ‘Stating and Asking If One Will Do Something’ itu adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita menyatakan dan bertanya jika seseorang akan melakukan sesuatu. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa menyatakan dan bertanya jika seseorang akan melakukan sesuatu ketika menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan menyatakan dan bertanya jika seseorang akan melakukan sesuatu yang bervariasi dalam sub topik ‘Stating and Asking If One Will Do Something’. Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 5 dialog ‘Stating and Asking If One Will Do Something’ seperti contoh di atas.

7) GIVING AND RESPONDING TO INSTRUCTIONS (MEMBERIKAN DAN MERESPON PERINTAH)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara memberikan dan merespon perintah. Tujuan belajar materi ‘Giving and Responding to Instructions’ adalah supaya kita bisa memberikan dan merespon perintah ketika menggunakan bahasa Inggris’.
Untuk memberikan perintah dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Silahkan masuk!
Come in please!
Tolong ditaruh bukunya di meja!
Please put the book on the table!
Tolong dibersihkan papannya!
Clean the whiteboard, please!
Tolong dibuka pintunya!
Please open the window!
Ayo bertemu kepala sekolah bersama saya!
Please come with me to see the principal!

Sedangkan, untuk merespon perintah dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Terima kasih
Thank you.
Baiklah
All right.
Iya, bu.
Yes, ma’am.
Tentu saja!
Of course!
Maaf, saya sibuk!
Sorry, I’m busy.

Ada beberapa variasi contoh dialog ‘Giving and Responding to Instructions’. Untuk siswa kelas 8 wajib menguasai 5 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Giving and Responding to Instructions’ bisa dilihat dibawah.

Dialog 1
Mr. Made    : Come in please!
Rudi            : Thank you.

Dialog 2
Mr. Made    : Please put the book on the table!
Putu            : All right

Dialog 3
Mr. Made    : Clean the whiteboard, please!
Erik             : Yes, sir.

Dialog 4
Ms. Wanda : Please open the window!
Kadek         : Of course!

Dialog 5
Ms. Wanda : Please come with me to see the principal!
Ayu             : Sorry, I’m busy.

Jadi kesimpulannya, materi ‘Giving and Responding to Instructions’ itu adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita memberikan dan merespon perintah. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa memberikan dan merespon perintah ketika menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan memberikan dan merespon perintah kepada teman yang bervariasi dalam sub topik ‘Giving and Responding to Instructions’. Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 5 dialog ‘Giving and Responding to Instructions’ seperti contoh di atas.

8) GIVING AND RESPONDING TO INVITATION (MEMBERIKAN DAN MERESPON UNDANGAN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara memberikan dan merespon perintah undangan. Tujuan belajar materi ‘Giving and Responding to Invitation’ adalah supaya kita bisa memberikan dan merespon undangan ketika menggunakan bahasa Inggris’.
Untuk memberikan undangan dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Apa kamu bisa bergabung bersama kami ke perpustakaan?
Will you join us to the library?
Apa kamu bisa datang ke pesta ulang tahun saya?
Will you come to my birthday party?
Apa kamu bisa datang ke pesta ulang tahun saya
Can you come to my birthday party?
Kapan pesta ulang tahunmu?
When is your birthday party?

Untuk merespon undangan dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
OK, tapi tunggu sebentar.
OK, but wait a minute.
Tentu
Certainly
Saya tidak yakin, tapi saya coba.
I’m not sure, but I will try
Sepertinya saya tidak bisa karena…
I’m afraid I can’t because….
Tanggal 26 Oktober 2015
It’s on 26th October 2015

Ada beberapa variasi contoh dialog ‘‘Giving and Responding to Invitation’. Untuk siswa kelas 8 wajib menguasai 2 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘‘Giving and Responding to Invitation’ bisa dilihat dibawah.

Dialog 1
Susi             : Excuse me Mr. Made. May I have your time for a moment?
Mr. Made    : Sure.
Susi             : Will you come to my birthday party?
Mr. Made    : When is your birthday?
Susi             : It’s on 26th October 2015

Dialog 2
Erik             : Excuse me Mr. Made. May I have your time for a moment?
Mr. Made    : Sure.
Erik             : Will you come to my Halloween party?
Mr. Made    : When is your Halloween party?
Erik             : It’s on 26th October 2015
Mr. Made    : I’m afraid, I can’t because I will go to my village on that day.
Erik             : That’s fine. If you can come, I will be so happy

Jadi kesimpulannya, materi ‘Giving and Responding to Invitation’ itu adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita memberikan dan merespon undangan. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa memberikan dan merespon undangan ketika menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan memberikan dan merespon undangan kepada teman yang bervariasi dalam sub topik ‘‘Giving and Responding to Invitation’. Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 2 dialog ‘‘Giving and Responding to Invitation’ seperti contoh di atas.

9) GIVING AND RESPONDING TO PROHIBITION (MEMBERIKAN DAN MERESPON LARANGAN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara memberikan dan merespon larangan undangan. Tujuan belajar materi ‘Giving and Responding to Prohibition’ adalah supaya kita bisa memberikan dan merespon larangan ketika menggunakan bahasa Inggris’.
Untuk memberikan larangan dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Jangan terlambat!
Don’t be late!
Tolong jangan buka itu disini!
Don’t open it here, please!
Jangan ribut!
Don’t be noisy
Jangan bermain di kelas!
Don’t play in the class!
Anda tidak perlu membeli apapun untukku
You don’t have to buy anything for me
Jangan kasi tau Lina kalau kita akan memberikan kado special
Don’t tell Lina that we will give her a special gift
Jangan lupa seragam bajunya
Don’t forget the dress code

Untuk merespon larangan dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Saya tidak lagi… (mengulanginya)
I won’t.
Iya
Okay
Bukan apa-apa
It’s not a big deal.
Tentu
Sure
Saya usahakan yang terbaik
I’ll do my best

Ada beberapa variasi contoh dialog ‘‘Giving and Responding to Prohibition’. Untuk siswa kelas 8 wajib menguasai 3 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘‘Giving and Responding to Prohibition’ bisa dilihat dibawah.

Dialog 1
Mr. Made    : Don’t be late again!
Susi             : I won’t

Dialog 2
Lina            : You don’t have to buy anything for me
Tari             : It’s not a big deal.

Dialog 3
Alvian         : Ssssstt! Don’t be noisy.
Tari             : Okay.
Alvian         : Ortega, don’t play in the class. I don’t want Mr. Made gives us more homework.
Ortega         : Okay

Jadi kesimpulannya, materi ‘Giving and Responding to Prohibition’ itu adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita memberikan dan merespon larangan. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa memberikan dan merespon larangan ketika menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan memberikan dan merespon larangan ketika menggunakan bahasa Inggris kepada teman yang bervariasi dalam sub topik ‘‘Giving and Responding to Prohibition’. Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 3 dialog ‘‘Giving and Responding to Prohibition’ seperti contoh di atas.

10) ASKING FOR A PERMISSION (MEMINTA IJIN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara meminta ijin. Tujuan belajar materi ‘Asking for a Permission’ adalah supaya kita bisa meminta ijin menggunakan bahasa Inggris’.
Untuk meminta ijin dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:

Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris
Boleh saya pinjam pulpennya?
May I use your pen?
Boleh saya bergabung dengan kelas?
May I join the class?
Boleh saya pergi ke toilet?
May I go to toilet?
Permisi, pak Made. Boleh saya buang sampah?
Excuse me, Mr. Made. May I throw the rubbish?
Permisi, pak Made. Boleh saya bantu anda mengisi spidol anda?
Excuse me, Mr. Made. May I help you to fill in your marker?
Boleh saya pinjam bukumu?
Can I borrow your book?

Ada beberapa variasi contoh dialog ‘Asking for a Permission’. Untuk siswa kelas 8 wajib menguasai 3 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Asking for a Permission’ bisa dilihat dibawah.

Dialog 1
Dodik         : Excuse me, Mr. Made. May I join the class?
Mr. Made    : Sure. Please come in!
Dodik         : Thank you

Dialog 2
Kadek         : Can I use your pen?
Anggara      : Sure. Take the green one. Don’t use the red one! There’s no ink on it.
Kadek         : Okay

Dialog 3
Alvian         : Excuse me, Mr. Made. May I go to toilet?
Mr. Made    : Sure.
Alvian         : Thank you.

Jadi kesimpulannya, materi ‘Asking for a Permission’ itu adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita meminta ijin. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa meminta ijin ketika menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan meminta ijin ketika menggunakan bahasa Inggris kepada teman yang bervariasi dalam sub topik ‘Asking for a Permission’. Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 3 dialog ‘Asking for a Permission’ seperti contoh di atas.
Setelah membaca ke-10 subtopik materi remidi diatas, diharapkan para siswa kelas 8 yang remidi mampu menerapkan semua materi yang diajarkan dengan baik. Untuk mengetahui seberapa paham anda membaca materi remidi diatas, mohon dijawab ‘Remidial Mid-term Test’ dibawah. Terdapat dua soal remidi yakni Soal A untuk mengetes pemahaman membaca materi remidi dan Soal B untuk mengetes kemampuan praktek membuat dialog. Untuk siswa kelas 8 yang remidi wajib mengerjakan Soal A dan Soal B.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar