MATERI REMIDI UTS SEMESTER GANJIL
KELAS 8
Bacalah
materi remidi dibawah ini sebelum menjawab Soal A dan Soal B dibawah
Sebelum UTS, kita telah mempelajari bab 1, bab 2 dan
bab 3. Dalam bab 1, kita telah mempelajari topik ‘It’s English Time’ yang
mengulas beberapa sub-topik yang berbeda diantaranya:
1)
Asking for my friends’ attention (Meminta perhatian teman)
2)
Checking if my friends’ understand me (Mengecek pemahaman teman)
3)
Giving my opinions and asking for my friends’ opinions (Memberi pendapat dan
bertanya pendapat teman)
4)
Showing my appreciation to my friends (Memperlihatkan penghargaan kepada teman)
Sementara di dalam bab 2, kita telah mempelajari
topik ‘Can you play the guitar’ yang mengulas beberapa sub-topik diantaranya:
1)
Stating and asking if one can do something (Menyatakan dan bertanya jika
seseorang mampu melakukan sesuatu)
2)
Stating and asking if one will do something (Menyatakan dan bertanya jika
seseorang akan melakukan sesuatu)
Sementara di dalam bab 3, kita telah mempelajari
topik ‘Would you like to come’ yang mengulas beberapa sub-topik diantaranya:
1)
Giving and Responding to Instructions (Memberikan dan merespon perintah)
2)
Giving and Responding to Invitation (Memberikan dan merespon undangan)
3)
Giving and Responding to Prohibition (Memberikan dan merespon larangan)
4)
Asking for a Permission (Meminta ijin)
Jadi, untuk materi remidi kelas 8 akan dibahas 10 materi
yakni 1) Asking for my friends’ attention; 2) Checking if my friends’
understand me; 3) Giving my opinions and asking for my friends’ opinions; 4)
Showing my appreciation to my friends; 5) Stating and asking if one can do
something; 6) Stating and asking if one will do something; 7) Giving and
Responding to Instructions; 8) Giving and Responding to Invitation; 9) Giving
and Responding to Prohibition; dan 10) Asking for a Permission. Untuk
penjelasan materi remidi UTS yang lebih mendalam bisa dipelajari dibawah ini:
1) ASKING FOR MY FRIENDS’ ATTENTION
(MEMINTA PERHATIAN TEMAN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara meminta
perhatian teman. Tujuan belajar materi ‘Asking
for My Friends’ Attention’ adalah ‘supaya
kita bisa meminta perhatian lawan bicara kita ketika menggunakan bahasa Inggris’
Untuk meminta perhatian dalam bahasa Inggris bisa
digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Mohon perhatiannya!
|
Attention, please!
|
Apa
bisa saya dapat perhatiannya sebentar!
|
May I have your attention, please!
|
Iya,
pak
|
Yes,
sir
|
Iya,
bu
|
Yes,
mam
|
Ada
beberapa variasi contoh dialog ‘Asking for My Friends’ Attention’. Untuk
siswa kelas 8 wajib menguasai 3 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Asking for My
Friends’ Attention’ bisa dilihat dibawah.
Dialog 1
Mr. Made : Attention,
please!
Students : Yes,
sir.
Dialog 2
Mr. Made : May
I have your attention, please!
Students : Yes,
sir.
Dialog 3
Mr. Made : Attention,
please! Are you ready to learn English?
Students : Yes,
sir.
Jadi
kesimpulannya, materi ‘Asking for My Friends’ Attention’
itu adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita meminta
perhatian teman. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa meminta perhatian lawan bicara kita
menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan meminta
perhatian lawan yang bervariasi dalam sub topik ‘Asking for My Friends’ Attention’. Untuk siswa kelas 8, wajib
menguasai 3 dialog ‘Asking for My Friends’
Attention’ seperti contoh di atas.
2) CHECKING IF MY FRIENDS’
UNDERSTAND ME (MENGECEK PEMAHAMAN TEMAN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara mengecek
pemahaman teman. Tujuan belajar materi ‘Checking
If My Friends’ Understand Me’ adalah ‘supaya
kita bisa mengecek pemahaman lawan bicara kita ketika menggunakan bahasa
Inggris’
Untuk mengecek pemahaman teman dalam bahasa Inggris
bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Apa
anda bisa mengerti/paham ucapan saya?
|
Do you understand me?
|
Apa
yang saya katakana tadi?
|
What did I say?
|
Ada
beberapa variasi contoh dialog ‘Checking If My Friends’ Understand Me’. Untuk
siswa kelas 8 wajib menguasai 2 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Checking If My
Friends’ Understand Me’ bisa
dilihat dibawah.
Dialog 1
Mr. Made : We
will use English in our class. Do you understand me?
Students : Yes,
sir.
Dialog 2
Mr. Made : We will make an invitation card. Do you
understand me?
Students : Yes, sir.
Mr. Made : What did I say?
Students : We will make an invitation card.
Jadi
kesimpulannya, materi ‘Checking If My Friends’ Understand Me’
itu adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita mengecek
pemaham teman. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa mengecek pemahaman lawan bicara
kita menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan
mengecek pemahaman teman yang bervariasi dalam sub topik ‘Checking If My Friends’ Understand Me’. Untuk siswa kelas 8, wajib
menguasai 2 dialog Checking If My Friends’
Understand Me’ seperti contoh di atas.
3) GIVING MY OPINIONS AND ASKING
FOR MY FRIENDS’ OPINIONS (MEMBERI PENDAPAT DAN BERTANYA PENDAPAT TEMAN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara mengecek
pemahaman teman. Tujuan belajar materi ‘Giving
My Opinions and Asking for My Friends’ Opinions’ adalah ‘supaya kita memberi pendapat dan
bertanya pendapat lawan bicara kita ketika menggunakan bahasa Inggris’
Untuk memberi pendapat dalam bahasa Inggris bisa
digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Saya
pikir, bahasa Inggris gampang
|
I think, English is Easy.
|
Gampang
pak.
|
It’s easy, sir.
|
Saya
rasa, topic ini sangat susah
|
I think, this topic is so difficult.
|
Sedangkan, untuk bertanya pendapat lawan bicara
dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana
seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Apa
pelajaran bahasa Inggris gampang atau susuah?
|
Is English easy or difficult?
|
Bagaimana
menurutmu tentang topik ini?
|
What do you think of this topic?
|
Apakah
menurutmu topik ini gampang?
|
Do you think this topic easy?
|
Ada
beberapa variasi contoh dialog ‘Giving My Opinions and Asking for My
Friends’ Opinions’.
Untuk
siswa kelas 8 wajib menguasai 2 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Giving My
Opinions and Asking for My Friends’ Opinions’ bisa
dilihat dibawah.
Dialog 1
Mr. Made : Alvian,
Is English easy or difficult?
Alvian : It’s
easy, sir.
Dialog 2
Mr. Made : Ortega, what do you think of this topic?
Ortega : I think, this topic is difficult
Mr. Made : How about you, Wira? Do you think this
topic difficult.
Wira : It’s easy, sir.
Jadi
kesimpulannya, materi ‘Giving My Opinions and Asking for My
Friends’ Opinions’
itu
adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita memberi pendapat dan bertanya pendapat teman.
Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya
kita bisa memberi pendapat dan bertanya pendapat lawan bicara kita menggunakan
bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan mengecek pemahaman
teman yang bervariasi dalam sub topik ‘Giving
My Opinions and Asking for My Friends’ Opinions’. Untuk siswa kelas 8,
wajib menguasai 2 dialog ‘Giving My
Opinions and Asking for My Friends’ Opinions’ seperti contoh di atas.
4) SHOWING MY APPRECIATION TO MY
FRIENDS (MEMPERLIHATKAN PENGHARGAAN KEPADA TEMAN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara
memperlihatkan pernghargaan kepada teman. Tujuan belajar materi ‘Showing My Appreciation to My Friends’
adalah ‘supaya kita bisa
memperlihatkan penghargaan kepada lawan bicara kita ketika menggunakan bahasa
Inggris’
Untuk memperlihatkan pernghargaan kepada teman dalam
bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti
contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Maafkan
saya pak.
|
I’m so sorry, sir.
|
Bagus
|
Good
|
Apa
arti ‘attention’ dalam bahasa Indonesia?
|
What is ‘attention’ in Bahasa
Indonesia?
|
‘Attention’
artinya ‘perhatian’
|
‘Attention’ is /perhatian/
|
Tentu
|
Sure
|
Bagus!
Saya rasa, itu kartu undangan yang cantik. Saya suka itu
|
Great! I think that is a beautiful
invitation card. I like it
|
Gambarmu
cantik sekali! Saya suka warnanya
|
Your picture is so beautiful! I like
the color
|
Benar-benar
gambar yang bagus
|
What a wonderful picture!
|
Bagus
sekali!
|
Excellent!
|
Ada
beberapa variasi contoh dialog ‘Showing My Appreciation to My Friends’. Untuk
siswa kelas 8 wajib menguasai 5 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Showing My Appreciation
to My Friends’ bisa
dilihat dibawah.
Dialog
1
Mr.
Made : Andre, please look at me! Would
you stop doing that please!
Are you ready to learn?
Andre : I’m so sorry, sir. Yes, I am
Dialog
2
Mr.
Made : Anggara, Is English easy or
difficult?
Anggara : It’s easy, sir.
Mr. Made : Good.
Dialog 3
Bayu : Excuse me, mam. What is ‘suckling
pig’ in Bahasa Indonesia?
Ms. Wanda : Suckling pig is ‘babi guling’
Dialog 4
Mahesa : Great! I think, that is a beautiful
invitation card. I like it
Jaya : Thank you
Dialog 5
Ayu : What a wonderful picture.
Lisna : Thank you.
Jadi
kesimpulannya, materi ‘Showing My Appreciation to My Friends’ itu adalah
materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita memperlihatkan pernghargaan kepada teman.
Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya
kita bisa memperlihatkan penghargaan kepada lawan bicara kita ketika menggunakan
bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan ungkapan memperlihatkan
penghargaan kepada teman yang bervariasi dalam sub topik ‘Showing My Appreciation to My Friends’. Untuk siswa kelas 8, wajib
menguasai 5 dialog ‘Showing My Appreciation
to My Friends’ seperti contoh di atas.
5) STATING AND ASKING IF ONE CAN DO
SOMETHING (MENYATAKAN DAN BERTANYA JIKA SESEORANG MAMPU MELAKUKAN SESUATU)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara menyatakan
dan bertanya jika seseorang mampu melakukan sesuatu. Tujuan belajar materi ‘Stating and Asking If One Can Do Something’
adalah ‘supaya kita bisa menyatakan
dan bertanya jika seseorang mampu melakukan sesuatu ketika menggunakan bahasa
Inggris’.
Untuk menyatakan jika seseorang mampu melakukan
sesuatu dalam bahasa Inggris bisa
digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Saya
bisa main gitar.
|
I can play guitar.
|
Saya
ga bisa masak.
|
I can’t cook.
|
Iya,
saya bisa.
|
Yes, I can.
|
Tidak,
saya tida bisa
|
No, I can’t.
|
Tentu
|
Certainly
|
Saya
ga yakin, tapi saya akan mencoba
|
I’m not sure, but I will try.
|
Sedangkan, untuk bertanya jika seseorang mampu
melakukan sesuatu dalam bahasa
Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Apa
kamu bisa bermain gitar?
|
Can you play guitar?
|
Apa
kamu bisa memasak?
|
Can you cook?
|
Apa
kamu bisa datang ke pesta saya?
|
Can you come to my party?
|
Ada
beberapa variasi contoh dialog ‘Stating and Asking If One Can Do Something’. Untuk
siswa kelas 8 wajib menguasai 4 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Stating and
Asking If One Can Do Something’
bisa
dilihat dibawah.
Dialog
1
Surya : Can you speak English?
Andre : Yes, I can speak English a little.
Dialog
2
Anisa : Can you cook?
Bayu : No, I can’t.
Dialog
3
Mahesa : Can you help me to do my homework?
Anggara : Certainly
Dialog
4
Rudi : Can you come to my birthday party?
Randi : I’m not sure, but I will try.
Jadi
kesimpulannya, materi ‘Stating and Asking If One Can Do Something’ itu adalah
materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita menyatakan dan bertanya jika seseorang mampu
melakukan sesuatu. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa menyatakan dan bertanya jika
seseorang mampu melakukan sesuatu ketika menggunakan bahasa Inggris. Ada
berbagai macam dialog dengan ungkapan menyatakan dan bertanya jika seseorang
mampu melakukan sesuatu yang bervariasi dalam sub topik ‘Stating and Asking If One Can Do Something’. Untuk siswa kelas 8,
wajib menguasai 4 dialog ‘Stating and
Asking If One Can Do Something’ seperti contoh di atas.
6) STATING AND ASKING IF ONE WILL
DO SOMETHING (MENYATAKAN DAN BERTANYA JIKA SESEORANG AKAN MELAKUKAN SESUATU)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara menyatakan
dan bertanya jika seseorang mampu melakukan sesuatu. Tujuan belajar materi ‘Stating and Asking If One Will Do
Something’ adalah ‘supaya kita bisa
menyatakan dan bertanya jika seseorang akan melakukan sesuatu ketika
menggunakan bahasa Inggris’.
Untuk menyatakan jika seseorang akan melakukan
sesuatu dalam bahasa Inggris bisa
digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Tentu.
|
Sure
|
Tentu
saja, pasti.
|
Of course, I will
|
Ayo
kita pergi.
|
Let’s go
|
Biar
saya yang melakukannya.
|
I’ll do it
|
Ini
dia barangnya.
|
Here you are
|
Maaf
saya engga bisa.
|
I’m so sorry, I can’t
|
Untuk menanyakan jika seseorang akan melakukan
sesuatu dalam bahasa Inggris bisa
digunakan beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Apakah
kamu akan datang ke pesta saya?
|
Will you come to my party?
|
Apa
kamu mau pergi ke kantin sama saya?
|
Will you go to canteen with me?
|
Apa
kamu mau menutup jendela?
|
Will you close the window, please?
|
Apakah
kamu mau memberikan buku itu?
|
Will you please pass the book?
|
Ada
beberapa variasi contoh dialog ‘Stating and Asking If One Will Do Something’. Untuk
siswa kelas 8 wajib menguasai 5 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Stating and
Asking If One Will Do Something’
bisa
dilihat dibawah.
Dialog
1
Andi : Udin, will you help me to bring
this book?
Udin : Sure.
Dialog
2
Anisa : Siti, will you come to my party?
Bayu : Of course, I will.
Dialog
3
Ayu : Rina, will you go to canteen with
me?
Rina : Let’s go
Dialog
4
Mr.
Made : Alvian, will you close the door,
please?
Alvian : I’ll do it.
Dialog
5
Mr.
Made : Will you please pass the book?
Ortega : Here you are
Jadi
kesimpulannya, materi ‘Stating and Asking If One Will Do Something’ itu adalah
materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita menyatakan dan bertanya jika seseorang akan
melakukan sesuatu. Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya kita bisa menyatakan dan bertanya jika
seseorang akan melakukan sesuatu ketika menggunakan bahasa Inggris. Ada
berbagai macam dialog dengan ungkapan menyatakan dan bertanya jika seseorang akan
melakukan sesuatu yang bervariasi dalam sub topik ‘Stating and Asking If One Will Do Something’. Untuk siswa kelas 8,
wajib menguasai 5 dialog ‘Stating and
Asking If One Will Do Something’ seperti contoh di atas.
7) GIVING AND RESPONDING TO
INSTRUCTIONS (MEMBERIKAN DAN MERESPON PERINTAH)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara
memberikan dan merespon perintah. Tujuan belajar materi ‘Giving and Responding to Instructions’ adalah ‘supaya kita bisa memberikan dan merespon perintah ketika
menggunakan bahasa Inggris’.
Untuk memberikan perintah dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan
sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Silahkan
masuk!
|
Come in please!
|
Tolong
ditaruh bukunya di meja!
|
Please put the book on the table!
|
Tolong
dibersihkan papannya!
|
Clean the whiteboard, please!
|
Tolong
dibuka pintunya!
|
Please open the window!
|
Ayo
bertemu kepala sekolah bersama saya!
|
Please come with me to see the
principal!
|
Sedangkan, untuk merespon perintah dalam bahasa Inggris bisa digunakan
beberapa ungkapan-ungkapan sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Terima
kasih
|
Thank you.
|
Baiklah
|
All right.
|
Iya,
bu.
|
Yes, ma’am.
|
Tentu
saja!
|
Of course!
|
Maaf,
saya sibuk!
|
Sorry, I’m busy.
|
Ada
beberapa variasi contoh dialog ‘Giving and Responding to Instructions’. Untuk
siswa kelas 8 wajib menguasai 5 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Giving and
Responding to Instructions’ bisa
dilihat dibawah.
Dialog
1
Mr.
Made : Come in please!
Rudi : Thank you.
Dialog
2
Mr.
Made : Please put the book on the
table!
Putu : All right
Dialog
3
Mr.
Made : Clean the whiteboard, please!
Erik : Yes, sir.
Dialog
4
Ms.
Wanda : Please open the window!
Kadek : Of course!
Dialog
5
Ms.
Wanda : Please come with me to see the
principal!
Ayu : Sorry, I’m busy.
Jadi
kesimpulannya, materi ‘Giving and Responding to Instructions’ itu
adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita memberikan dan merespon perintah.
Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya
kita bisa memberikan dan merespon perintah ketika menggunakan bahasa Inggris. Ada
berbagai macam dialog dengan ungkapan memberikan dan merespon perintah kepada
teman yang bervariasi dalam sub topik ‘Giving
and Responding to Instructions’. Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 5
dialog ‘Giving and Responding to
Instructions’ seperti contoh di atas.
8) GIVING AND RESPONDING TO
INVITATION (MEMBERIKAN DAN MERESPON UNDANGAN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara
memberikan dan merespon perintah undangan. Tujuan belajar materi ‘Giving and Responding to Invitation’ adalah
‘supaya kita bisa memberikan dan
merespon undangan ketika menggunakan bahasa Inggris’.
Untuk memberikan undangan dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan
sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Apa
kamu bisa bergabung bersama kami ke perpustakaan?
|
Will you join us to the library?
|
Apa
kamu bisa datang ke pesta ulang tahun saya?
|
Will you come to my birthday party?
|
Apa
kamu bisa datang ke pesta ulang tahun saya
|
Can you come to my birthday party?
|
Kapan
pesta ulang tahunmu?
|
When is your birthday party?
|
Untuk merespon undangan dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan
sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
OK,
tapi tunggu sebentar.
|
OK, but wait a minute.
|
Tentu
|
Certainly
|
Saya
tidak yakin, tapi saya coba.
|
I’m not sure, but I will try
|
Sepertinya
saya tidak bisa karena…
|
I’m afraid I can’t because….
|
Tanggal
26 Oktober 2015
|
It’s on 26th October 2015
|
Ada
beberapa variasi contoh dialog ‘‘Giving and Responding to Invitation’. Untuk
siswa kelas 8 wajib menguasai 2 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘‘Giving and
Responding to Invitation’ bisa
dilihat dibawah.
Dialog
1
Susi : Excuse me Mr. Made. May I have
your time for a moment?
Mr.
Made : Sure.
Susi : Will you come to my birthday
party?
Mr.
Made : When is your birthday?
Susi : It’s on 26th October 2015
Dialog
2
Erik : Excuse me Mr. Made. May I have
your time for a moment?
Mr.
Made : Sure.
Erik : Will you come to my Halloween
party?
Mr.
Made : When is your Halloween party?
Erik : It’s on 26th October 2015
Mr.
Made : I’m afraid, I can’t because I
will go to my village on that day.
Erik : That’s fine. If you can come, I
will be so happy
Jadi
kesimpulannya, materi ‘Giving and Responding to Invitation’ itu
adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita memberikan dan merespon undangan.
Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya
kita bisa memberikan dan merespon undangan ketika menggunakan bahasa Inggris. Ada
berbagai macam dialog dengan ungkapan memberikan dan merespon undangan kepada
teman yang bervariasi dalam sub topik ‘‘Giving
and Responding to Invitation’. Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 2
dialog ‘‘Giving and Responding to Invitation’
seperti contoh di atas.
9) GIVING AND RESPONDING TO
PROHIBITION (MEMBERIKAN DAN MERESPON LARANGAN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara
memberikan dan merespon larangan undangan. Tujuan belajar materi ‘Giving and Responding to Prohibition’ adalah
‘supaya kita bisa memberikan dan
merespon larangan ketika menggunakan bahasa Inggris’.
Untuk memberikan larangan dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan
sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Jangan
terlambat!
|
Don’t be late!
|
Tolong
jangan buka itu disini!
|
Don’t open it here, please!
|
Jangan
ribut!
|
Don’t be noisy
|
Jangan
bermain di kelas!
|
Don’t play in the class!
|
Anda
tidak perlu membeli apapun untukku
|
You don’t have to buy anything for me
|
Jangan
kasi tau Lina kalau kita akan memberikan kado special
|
Don’t tell Lina that we will give her
a special gift
|
Jangan
lupa seragam bajunya
|
Don’t forget the dress code
|
Untuk merespon larangan dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan
sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Saya
tidak lagi… (mengulanginya)
|
I won’t.
|
Iya
|
Okay
|
Bukan
apa-apa
|
It’s not a big deal.
|
Tentu
|
Sure
|
Saya
usahakan yang terbaik
|
I’ll do my best
|
Ada
beberapa variasi contoh dialog ‘‘Giving and Responding to Prohibition’. Untuk
siswa kelas 8 wajib menguasai 3 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘‘Giving and
Responding to Prohibition’ bisa
dilihat dibawah.
Dialog
1
Mr.
Made : Don’t be late again!
Susi : I won’t
Dialog
2
Lina : You don’t have to buy anything for
me
Tari : It’s not a big deal.
Dialog
3
Alvian : Ssssstt! Don’t be noisy.
Tari : Okay.
Alvian : Ortega, don’t play in the class. I
don’t want Mr. Made gives us more homework.
Ortega : Okay
Jadi
kesimpulannya, materi ‘Giving and Responding to Prohibition’ itu
adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita memberikan dan merespon larangan.
Tujuan dari belajar materi ini adalah supaya
kita bisa memberikan dan merespon larangan ketika menggunakan bahasa Inggris. Ada
berbagai macam dialog dengan ungkapan memberikan dan merespon larangan ketika
menggunakan bahasa Inggris kepada teman yang bervariasi dalam sub topik ‘‘Giving and Responding to Prohibition’.
Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 3 dialog ‘‘Giving and Responding to Prohibition’ seperti contoh di atas.
10) ASKING FOR A PERMISSION
(MEMINTA IJIN)
Dalam subtopik ini, dibahas bagaimana cara meminta
ijin. Tujuan belajar materi ‘Asking for a
Permission’ adalah ‘supaya kita
bisa meminta ijin menggunakan bahasa Inggris’.
Untuk meminta ijin dalam bahasa Inggris bisa digunakan beberapa ungkapan-ungkapan
sederhana seperti contoh:
Bahasa Indonesia
|
Bahasa Inggris
|
Boleh
saya pinjam pulpennya?
|
May I use your pen?
|
Boleh
saya bergabung dengan kelas?
|
May I join the class?
|
Boleh
saya pergi ke toilet?
|
May I go to toilet?
|
Permisi,
pak Made. Boleh saya buang sampah?
|
Excuse me, Mr. Made. May I throw the
rubbish?
|
Permisi,
pak Made. Boleh saya bantu anda mengisi spidol anda?
|
Excuse me, Mr. Made. May I help you to
fill in your marker?
|
Boleh
saya pinjam bukumu?
|
Can I borrow your book?
|
Ada
beberapa variasi contoh dialog ‘Asking for a Permission’. Untuk
siswa kelas 8 wajib menguasai 3 dialog dibawah ini. Untuk contoh dialog ‘Asking for a
Permission’ bisa
dilihat dibawah.
Dialog
1
Dodik : Excuse me, Mr. Made. May I join the
class?
Mr.
Made : Sure. Please come in!
Dodik : Thank you
Dialog
2
Kadek : Can I use your pen?
Anggara : Sure. Take the green one. Don’t use the
red one! There’s no ink on it.
Kadek : Okay
Dialog
3
Alvian : Excuse me, Mr. Made. May I go to
toilet?
Mr.
Made : Sure.
Alvian : Thank you.
Jadi
kesimpulannya, materi ‘Asking for a Permission’
itu adalah materi bahasa Inggris yang membahas bagaimana cara kita meminta ijin. Tujuan dari belajar
materi ini adalah supaya kita bisa meminta
ijin ketika menggunakan bahasa Inggris. Ada berbagai macam dialog dengan
ungkapan meminta ijin ketika menggunakan bahasa Inggris kepada teman yang
bervariasi dalam sub topik ‘Asking for a
Permission’. Untuk siswa kelas 8, wajib menguasai 3 dialog ‘Asking for a Permission’ seperti contoh
di atas.
Setelah membaca ke-10 subtopik materi remidi diatas,
diharapkan para siswa kelas 8 yang remidi mampu menerapkan semua materi yang
diajarkan dengan baik. Untuk mengetahui seberapa paham anda membaca materi
remidi diatas, mohon dijawab ‘Remidial
Mid-term Test’ dibawah. Terdapat dua soal remidi yakni Soal A untuk
mengetes pemahaman membaca materi remidi dan Soal B untuk mengetes kemampuan
praktek membuat dialog. Untuk siswa kelas 8 yang remidi wajib mengerjakan Soal
A dan Soal B.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar